Kapurung, Kuliner Nusantara Lezat Nan Sehat

0
27
views
(Kapurung. Image credit: opensnap.com)
(Kapurung. Image credit: opensnap.com)

THEJAKARTAPORTAL.com — Salah satu sebab negara kita, Indonesia, menjadi bangsa yang kaya adalah banyaknya variasi kuliner nusantara yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke. Kekayaan ini membuat banyak wisatawan mancanegara berbondong-bondong ke Indonesia demi mencoba kuliner yang lezat, sehat dan unik.

Salah satu kuliner lezat yang mungkin belum banyak orang tahu adalah Kapurung. Kapurung adalah makanan khas Sulawesi-Selatan, khususnya daerah Kab. Luwu, Kota Palopo, Kab. Luwu Timur dan Kab. Luwu Utara. Bagi masyarakat Luwu, Kapurung lebih dikenal dengan nama Pugalu.

Selain lezat, kuliner ini juga sangat baik bagi kesehatan, sebab selain sagu, bahan-bahan utamanya adalah sayuran. Beberapa pembuatnya bahkan memberikan variasi dengan menambahkan ikan, daging atau sari laut lainnya. Bagi kamu yang vegetarian, maka kamu bisa mencoba versi yang murni sayur, di jamin kamu akan minta tambah.

(Kapurung. Image credit: tribuntimur)
(Kapurung. Image credit: tribuntimur)

Kapurung sebenarnya juga dikenal oleh masyarakat Maluku dengan nama Papeda. Saat ini, kamu sudah bisa menemukan kuliner ini di beberapa restoran di Makassar. Di Makassar kamu bisa mencoba ke restoran Kapurung Kasuari di Jl. Kasuari No. 2, Makassar. Sementara bagi kamu yang di Jakarta, coba kunjungi restoran Aroma Palopo Khas Makassar yang terletak di Jl.  Boulevard Raya Blok TA 2, No 34 Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Namun, jika kamu ingin merasakan lezatnya Kapurung asli, maka datanglah ke Kab. Luwu. Hampir di setiap sudut kota Luwu, kamu akan menemukan penjual Kapurung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × three =