The Jakarta Portal

Stan Lee Tutup Usia di Umur 95 Tahun

Stan Lee, founder of Marvel Entertainment Inc., poses next to a Spider-Man model in his office in Beverly Hills, California, U.S.,(Photo by Jonathan Alcorn/Bloomberg via Getty Images)

thejakartaportal.com — Penulis legenda, pahlawan bagi para pecinta komik Marvel, Stan Lee menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin 12 November 2018 di umur 95 tahun. Lee memulai karirnya sebagai penulis komik pada tahun 1939. Diantara karya yang ia tulis adalah Black Panther, Spider-Man, X-Men, Might Thor, Iron Man, Fantastic Four, Incredible Hulk, Daredevil dan Ant Man. Karya-karya ini telah dibaca jutaan orang, bahkan hampir semua karyanya telah diangkat ke layar lebar.

Di usia senjanya, Lee menghadapi berbagai macam cobaan. Mulai dari kematian istrinya, Joan (69) pada Juli 2017 lalu, hingga beberapa tuntutan yang ia layangkan ke beberapa orang termasuk bos POW! Entertainment (perusahaan yang ia dirikan sendiri) hingga ex manajer bisnisnya. Dikabarkan bahwa kekayaan Lee mencapai nilai $70 juta (Rp 1 trilliun) saat ia meninggal dunia.

Lee bersama Jack Kirby, Steve Ditko telah membawa Marvel dari sebuah perusahaan kecil hinga penerbit raksasa dan perusahaan multimedia no. 1 di dunia.

Pada tahun 2009, Marvel diakuisisi oleh Walt Disney Co. dengan nilai $4 milyar. Setelah diakuisisi, Marvel melesat lebih tinggi dengan menjadi penerbit film superhero dengan keuntungan tertinggi di dunia. Film dengan penghasilan terbesar saat ini adalah Avengers: Infinity War dengan $2.05 milyar profit.

Ironisnya, dulu ia menganggap bahwa apa yang ia lakukan adalah hal yang tidak punya arti apa-apa dibanding dengan mereka yang bekerja dibidang sains dan teknologi.

“Dulu saya berfikir bahwa yang saya lakukan ini adalah hal yang sia-sia (ter),” kata Lee seperti yang dikutip dari Chicago Tribune 2014.

Sementara itu CEO Disney Bob Iger mengatakan bahwa Stan Lee adalah sosok yang extraordinary seperti karakter-karakter yang ia ciptakan dalam komiknya.

“Lee telah menginspirasi banyak orang di dunia,” kata Bob.

Sebelum karya-karyan diangkat ke layar lebar, Lee telah tampil di berbagai macam acara televisi.

Seperti karakter superhero yang ia ciptakan, Lee merupakan superhero bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Karya-karyanya tidak akan pernah dilupakan dan akan terus menginspirasi.

Add comment

one × 3 =

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.