The Jakarta Portal
Kuliner Makassar

Inilah Kuliner Khas Bugis-Makassar Yang Buat Kamu Rindu Ke Makassar

thejakartaportal.com — Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya, tapi juga kaya akan ragam budaya bahkan kuliner. Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan ragam kulinernya adalah kota Makassar yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, yang penduduknya didominasi oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Berikut kami sajikan ragam kuliner Bugis-Makassar yang bakalan buat kamu rindu untuk ke Makassar.

ES PISANG IJO

Es Pisang Ijo adalah jajanan khas Makassar yang sangat laris utamanya jika memasuki bulan Ramadhan karena sangat pas untuk dijadikan menu berbuka puasa. Namun kamu juga bisa menemui Es Pisang Ijo diluar bulan Ramadhan.

Kuliner ini terbuat dari pisang raja utuh yang dibalut oleh adonan tepung berwarna hijau. Es Pisang Ijo disajikan dengan es serut atau es batu, sirop DHT rasa pisang ambon dan saus santan.

Pisang Ijo. cookpad.com
Pisang Ijo. cookpad.com

BARONGKO

Barongko adalah kuliner khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan lalu dicampur dengan telur ayam atau bebek, santan, gula pasir dan garam. Adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Barongko paling enak dimakan dalam keadaan dingin.

Dahulu kala, Barongko hanya disajikan sebagai hidangan penutup para raja Bugis dan Makassar. Saat ini, Barongko sering disajikan saat pesta pernikahan dan acara adat Bugis-Makassar lainnya.

Barongko telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui sertifikat nomor 60128/MPK.E/KB/2017, pada tahun 2017 lalu.

Lezatnya Barongko. makassar.terkini.id
Lezatnya Barongko. makassar.terkini.id

 

BOLU PECA

Kue Bolu mungkin adalah salah satu kue yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah didapatkan, kue Bolu juga rasanya enak. Namun, ada satu jenis kue Bolu yang sangat populer di masyarakat Bugis-Makassar, yaitu kue Bolu Peca.

Seperti Barongko, Bolu Peca sering disajikan pada acara pernikahan dan acara adat Bugis-Makassar lainnya.

Bolu ini terbuat dari tepung ketan putih dan dicampur dengan gula merah. Campuran gula merah pada Bolu ini membuatnya sangat manis dan enak.

Manisnya Bolu Peca. resepdanmasakan.com
Manisnya Bolu Peca. resepdanmasakan.com

CUCURU BAYAO

Cucuru Bayao adalah kue tradisional Bugis-Makassar yang terbuat dari tepung terigu dan kuning telur. Untuk rendamannya terbuat dari air, gula pasir dan vanili.

Kue ini cukup jarang ditemui karena biasanya hanya dibuat saat ada acara pernikahan atau acara adat. Di Jawa, kue ini dikenal dengan nama kue Cucur.

Cucuru Bayao. Pinterest
Cucuru Bayao. Pinterest
Lanjut ke Halaman Berikutnya

Add comment

4 − four =

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.