The Jakarta Portal
(Water Bottle in a Car: Image Credit: today.anl.gov)

Inilah Cara Botol Air Memulai Kebakaran Mobil

(Image credit: Chakrit Yenti/Shutterstock)
(Image credit: Chakrit Yenti/Shutterstock)

thejakartaportal.com — Siapa sangka jika menyimpan botol air mineral di dalam mobil, apalagi dalam kondisi cuaca yang panas, dapat menyebabkan kebakaran. Dalam kondisi cuaca panas, botol plastik dapat berubah menjadi lensa yang memfokuskan cahaya menjadi sinar berenergi tinggi yang cukup kuat untuk membakar jok atau bagian lain pada mobil anda.

Chanel youtube perusahaan listrik berbasis di Amerika Serikat, Idaho Power mengunggah sebuah video dimana salah satu karyawannya Dioni Amuchastegui tiba-tiba mencium bau asap di dalam mobilnya. Asap tersebut ternyata berasal dari jok mobil yang terbakar akibat efek lensa yang dihasilkan oleh botol air mineralnya.

Di tempat lain, tepatnya di Rusia, dalam rangka turnamen sepak bola akbar, World Cup, perusaahan air minum Rusia, Holly Water menjual air mineral dalam kemasan berbentuk bola. Bentuk ini ternyata dapat memfokuskan cahaya dengan sempurna jika terkena matahari. Sebuah video telah diunggah oleh netizen Fontaka Ru untuk membuktikan hal tersebut. [Ayo jelajahi “The Land of Extreme” Rusia dengan pesan tiket sekarang juga]

Cahaya Terdiri Atas Photon Yang Melintas Lurus

Menurut Ollie Madden, ilmuwan Getty Conservation Institute, cahaya terdiri atas banyak photon atau partikel subatomik yang melintas dengan lurus. Lensa kacamata atau lensa mikroskop dapat  mengarahkan partikel-partikel tersebut sehingga bertemu pada satu titik.

Madden melanjutkan bahwa cahaya matahari dapat menembus kaca mobil, cahaya ini masih cukup panas dan jika melewati botol air mineral dapat menyebabkan kebakaran.

“Coba bayangkan jika jendela mobil diturunkan, keadaannya akan menjadih lebih buruk sebab tak ada yang menyaring cahaya,” kata Madden seperti yang dikutip dari livescience.

Nah, bagi kamu yang suka menyimpan botol air di dalam mobil agar lebih berhati-hati. Jika terpaksa meninggalkan botol plastik, maka parkirlah mobil kamu di tempat yang tidak terkena cahaya matahari. Namun lebih baik mencegah sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Add comment

one × 4 =

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.