The Jakarta Portal
(Asian Games 2018 Art. Credit to Asian Games 2018)

Fakta Menarik Seputar Asian Games

(Asian Games. Image credit detik.com)
(Asian Games. Image credit detik.com)

thejakartaportal.com — Asian Games atau juga dikenal dengan nama Asiad merupakan salah satu event multi olahraga empat tahunan yang diadakan oleh Asian Games Federation (AFG 1951-1978), sekarang dikenal dengan nama Olympic Counsil of Asia. Event olahraga ini merupakan yang terbesar dan diperuntukkan bagi negara-negara di Asia.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1951 di New Delhi, India hingga Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan, ajang olahraga ini telah diakui oleh International Olympic Committee (IOC) sebagai ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade. Selain itu, banyak sejarah menarik yang telah tercatat dari awal event ini diadakan.

Berikut The Jakarta Portal sajikan fakta-fakta menarik Asian Games.

Juara Umum Asian Games Pertama

Asian Games pertama kali diadakan pada tahun 1951 di New Delhi, India. Sebanyak 11 negara ikut berpartisipasi dalam enam cabang olahraga yang dipertandingkan. Saat itu, Jepang menjadi juara umum pertama pada ajang ini dengan perolehan 24 medali emas, 21 medali silver dan 15 medali perunggu.

Jepang selanjutnya terus menjuarai ajang olahraga ini hingga pada Asian Games kedelapan di Bangkok, Thailand tahun 1978.

Far Eastern Championship Games

Sebelum Asian Games terbentuk, ternyata pada 1913 ajang olahraga se-Asia pertama diadakan dibawah nama Far Eastern Championship Games. Ajang ini pertama kali diadakan di Manila, Filipina tahun 1913 dengan enam negara partisipan yaitu Phillipin Island, Republic of China, Empire of Japan, British East Indies (Malaysia), Kingdom of Thailand serta Hong Kong. Sementara itu, Dutch East Indies (Indonesia) baru ikut berpartisipasi pada tahun 1934.

Far Eastern Championship Games terakhir dilaksanakan pada tahun 1938 akibat invasi Jepang terhadap China serta perang dunia ke-2.

Israel Keluar Dari Asian Games

Pada tahun 1974 Israel dikeluarkan dari keanggotaan AGF dengan alasan keamanan. Namun banyak yang ragu dengan alasan tersebut.

Negara-negara Yang Terletak Di Dua “Dunia”

Turki, Russia, Azerbaijan, Cyprus dan Armenia adalah negara-negara yang secara geografis berada pada benua Asia dan Eropa. Mereka memutuskan untuk ikut pada European Games. Sementara Mesir yang secara geografis berada pada benua Asia dan Afrika lebih memilih ikut ke African Games.

Cricket Merupakan Cabang Olahraga Baru di Asian Games

Cricket adalah cabang olahraga yang paling baru masuk kedalam Asian Games. Olahraga ini diperkenalkan ke Asian Games di Guangzhou, China pada tahun 2010.

Tiongkok Menjadi Peraih Medali Emas Terbanyak Sepanjang Asian Games

Republik Rakyat Tiongkok atau China berada di urutan pertama peraih emas terbanyak sepanjang masa, yaitu 1342 medali emas, disusul Jepang di tempat kedua dengan 957 medali emas dan Korea Selatan di tempat ketiga dengan 696 medali emas. Sementara Indonesia berada di urutan 12 dengan 60 medali emas.

Silahkan klik halaman 2 untuk kelanjutan artikel.

Add comment

one × 2 =

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.