The Jakarta Portal
Image by bioenabletech

5 Trend Aneh Persalinan Abad 21

(Photo credit: Alicia Wehby)
(Photo credit: Alicia Wehby)

thejakartaportal.com — Kaum perempuan telah merasakan proses persalinan yang begitu perih sejak manusia pertama kali menempati bumi. Sejak itu pulalah ritual-ritual saat dan sesudah melahirkan telah banyak dilakukan. Ritual-ritual itu ada yang telah ditinggalkan ada pula yang masih dilakukan sampai saat ini. Di Malaysia, perempuan melahirkan dengan cara berjongkok pada zaman dahulu. Sementara itu, perempuan Muyu di Papua hanya boleh melahirkan di sebuah tempat yang disebut tana barambon ambip yang berukuran 2 x 2 meter saja*. Lalu pada abad ke-18 di Perancis, bayi yang baru lahir segera dimandikan dengan wine.

Lalu pada masa kini, tren baru dalam bersalin bermunculan mulai dari lotus birth hingga tren push present. Berikut kami rangkum lima tren aneh persalinan zaman now.

Locus Birth

Di zaman sekarang, normalnya ari-ari pada bayi yang baru lahir pasti akan dipotong. Akan tetapi pada tren persalinan lotus birth, ari-ari itu malah dibiarkan bersama dengan plasenta hingga akhirnya terpisah dengan sendirinya.

Seperti yang dilansir dari livescience.com, para ibu bahkan menaruh plasenta yang masih terhubung dengan ari-ari tersebut ke sebuah wadah. Beberapa orang mengatakan bahwa hal itu akan membantu bayi dalam masa transisinya.

Namun Dr. Saima Aftab, direktur medis bagian Fetal Care Center rumah sakit Nicklaus Children’s mengatakan bahwa plasenta adalah organ yang sudah mati, sehingga menjadi tempat yang sempurna bagi perkembangbiakan bakteri.

“Resiko infeksi sangat tinggi jika organ yang mati tersebut masih terpasang pada bayi,” kata Aftab, seperti yang dikutip dari livescience.com.

Melukis Tattoo Pada Area Stretchmark dan Area C-Section

Sementara itu di China, beberapa ibu yang baru saja melahirkan mengubah bekas stretchmark atau luka operasi cesar mereka dengan melukisnya. Gambarnya macam-macam, ada kupu-kupu, bunga, bahkan gambar sepasang gunting.

Menurut pelukis tattoo Shi Hailei, tattoo itu akan membuat para ibu jadi merasa lebih cantik dan percaya diri. Memang beberapa perempuan merasa jika stretchmark atau bekas operasi cesar pada perut mereka itu memalukan.

Free Birth

Free birth adalah proses persalinan yang tidak didampingi oleh bidan, suster, dokter, atau tanpa bantuan medis sama sekali. Proses ini hanya dijalani oleh sang suami dan istri.

Memang, perempuan telah melahirkan sendiri tanpa bantuan medis sejak zaman dahulu. Hanya saja perlu diketahui bahwa banyak hal bisa terjadi saat proses persalinan yang dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi.

Dokter dan ahli juga mengingatkan mereka yang melakukan proses persalinan free birth akan resiko penyakit yang muncul.

Memakan Placenta

Selanjutnya adalah munculnya tren memakan plasenta bayi yang baru lahir. Tren ini makin popular setelah penulis majalah Cosmopolitan memasak dan memakan plasenta bayinya.

Para pelaku tren ini mengatakan bahwa memakan plasenta bayi baru lahir mengurangi postpartum depresi. Namun, sebuah studi mengatakan jika tidak ada manfaat sama sekali mengkonsumsi plasenta.

Push Present

Bayangkan, saat kamu baru saja melahirkan, perasaanmu masih kacau tiba-tiba dari kerumunan keluarga, suamimu datang membawa sebuah hadiah lalu meletakkannya di tanganmu.

Ini adalah tren yang disebut dengan push present. Menurut sebuah artikel di Huffington Post, hadiah bisa diberikan setelah maupun sebelum melahirkan di luar maupun di dalam kamar bersalin.

Hadiah biasanya berupa perhiasan, baju, bahkan sebuah mobil mewah.

==============

*Beberapa perempuan Muyu juga telah melahirkan di fasilitas kesehatan yang tersedia.

1 comment

four × two =

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.